Rukun Nikah

Friday, March 22nd 2019.

Rukun Nikah – Nikah adalah hal yang dianjurkan agar dilakukan oleh setiap umat muslim. Nikah berarti mengumpulkan, dan atau menghimpun. Menurut istilah syari’at, berarti suatu akad yang bertujuan untuk menghalalkan seorang lelaki dengan perempuan yang hendak dinikahi. Tentunya lelaki dan perempuan yang hendak menikah tersebut bukan muhrim sebelum menjadi sepasang suami istri.

Rukun Nikah

Dalam sebuah pernikahan, ijab qobul adalah salah satu hal terpenting. Ijab qobul harus dilaksanakan dengan disaksikan beberapa saksi serta wali nikah. Ada syarat-syarat tertentu pula yang harus dipenuhi. Hukum dari pernikahan adalah sunnah muakad, yang berarti sunnah yang dianjurkan ole Nabi. Hukum ini juga bisa berubah sesuai dengan kondisi seseorang beserta niatnya.

Berbicara soal niat, pernikahan harus didasari oleh niat yang benar dan kuat. Jika niatnya untuk menjauhi zinah, maka hukumnya sunnah. Namun, jika niatnya saja sudah buruk, maka hukumnya menjadi makruh bahkan haram. Sebelum menikah, siapkan dulu niat yang benar dan kuat agar tidak terjerumus dosa dan mendapatkan pahala.

Melaksanakan pernikahan harus memenuhi beberapa rukun nikah. Jika Anda tidak memenuhi salah satunya, maka pernikahan dianggap tidak sah atau batal. Sangat disayangkan, bukan? Untuk itu, mari kita memahami beberapa rukun nikah yang harus dipenuhi saat akan melakukan pernikahan.

1.    Shighat atau Ijab Qobul

Ijab Qobul

Ijab dan Qobul memiliki artinya masing-masing. Ijab berarti suatu syarat wali untuk menyerahkan mempelai wanita kepada mempelai pria. Sedangkan Qobul artinya pernyataan dari mempelai pria kala menerima ijab dari wali. Qobul menjadi bukti bahwa kedua pihak sudah rela dan menerima.

Ijab qobul adalah rukun nikah yang pertama dengan beberapa syarat :

a. Akad di ijab qobul harus menggunakan tazwijun nikah. Artinya, nikah saja dalam bahasa Indonesia. itu berarti jika ijab qobul ditambahkan kalimat lainnya, maka akad tidak sah. Itu karena di dalam Al-Qur’an taka da kata lain selain tazwij dan juga nikah. Namun, ada juga yang berpendapat jika akad seseorang akan sah meskipun menggunakan lafadz lainnya.

Itu akan sah apabila maksudnya sama dengan lafadz yang ditentukan. Seperti yang digunakan oleh kebanyakan masyarakat “Saya nikahkan dan saya kawinkan …. “

b. Tidak ada perkataan lainnya di tengah ijab dan qobul yang tidak berkaitan dengan nikah, maslahat dan sunnah nikah. Jika ada perkataan seperti itu, maka berarti orang itu telah keluar dari jawaban akad.

c. Ijab dan qobul harus memiliki arti dan maksud yang sejalan.

d. Melaksanakan ijab dan qobul tidak bergantung dengan ketentuan apapun atau syarat dari mempelai satu dan yang lainnya apalagi yang tidak tercantum pada hadits.

e. Tidak menyebut batas waktu seperti kawin kontrak.

f. Dilarang menyebutkan syarat tertentu apalagi yang bisa merusak pernikahan calon pasangan.

g. Wali dan mempelai pria harus tetap ada di tempat hingga akad selesai. Meskipun ada pihak yang pingsan bahkan gila, maka pernikahan akan batal dan tidak sah.

Dengan menjalankan beberapa syarat diatas serta memantapkan kalimat agar tidak salah ucap saat ijab dan qobul, maka rukun pertama telah terpenuhi.

2.    Adanya Mempelai Pria

Salah satu aturan pernikahan dan perkawinan dalam Islam adalah dilakukan oleh lelaki dan perempuan untuk memuliakan keturunan mereka. Selain itu, maka hukumnya tidak boleh. Ada syarat-syarat yangharus dipenuhi oleh laki-laki dan perempuan saat melakukan akad nikah, yaitu :

a. Memiliki identitas yang jelas dan bisa dibedakan dengan orang lain.

b. Memiliki agama yang sama yaitu Islam.

c. Tidak dalam kondisi terlarang untuk melangsungkan pernikahan.

d. Pria dan wanita harus sudah dewasa.

Untuk mempelai pria, ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi, yaitu :

a. Muslim dan mukallaf (sehat, baligh, serta merdeka).

b. Bukan mahram dari mempelai wanitanya.

c. Tidak dalam keadaan terpaksa.

d. Orang yang jelas.

e. Tidak dalam melaksanakan ibadah haji.

3.   Adanya Mempelai Wanita

Adanya Mempelai Wanita

Selain mempelai pria, maka tentu saja harus ada mempelai wanita. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mempelai wanita saat melakukan pernikahan, yaitu :

a. Mukallaf (sehat, baligh, serta merdeka).

b. Tidak berhalangan syar’I (tidak bersuami), tidak dalam masa indah, serta bukan

mahram dari mempelai prianya.

a. Menikah dalam keadaan tidak terpaksa.

b. Orangnya jelas serta bisa dibedakan dengan orang lain.

c. Tidak dalam melaksanakan ibadah haji.

Untuk rukun nikah kedua dan ketiga memang berkaitan dengan kejelasan dari kedua mempelai pernikahan yang harus jelas dan tidak terpaksa.

3.    Adanya Wali Nikah

Wali Nikah

Rukun keempat dalam pernikahan Islam sekaligus syarat pentingnya adalah adanya wali. Wali adalah syarat mutlak dan tidak bisa ditawar lagi. Namun, memilih wali tidaklah sembarangan. Ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi oleh seorang wali nikah. Beriku ini syarat yang harus diperhatikan :

a. Muslim, mukallaf, dan lelaki.

b. Adil.

c. Tidak Terpaksa.

d. Sedang tidak dalam melaksanakan ibadah haji.

e. Memiliki hak perwakilan.

Peranan wali dalam pernikahan sangat penting. Perempuan yang menikah tanpa wali tentu saja pernikahannya tidak sah dan batal. Rukun tentang wali nikah tidak boleh dianggap remeh. Anda harus memilih wali yang tepat dengan berdasarkan ajaran Islam. Jika salah, maka pernikahan bisa batal.

4.    Dua Saksi

Adanya Dua Saksi

Islam menyebutkan bahwa pernikahan membutuhkan dua orang saksi dengan kejujuran serta keadilan yang tinggi agar pernikahan sah. Itu tetap berlaku meskipun akad nikah dihadiri oleh banyak orang dan berlaku sebagai saksi juga.

Pernikahan tanpa adanya saksi, maka pelaku bisa dirajam bila sudah melakukan hubungan suami istri (pendapat dari Umar). Oleh karena itu, ada ketentuan dan syarat khusus yang harus dipenuhi oleh saksi, yaitu :

a. Laki-laki muslim dan mukallaf.

b. Adil

c. Mampu melihat juga mendengar.

d. Tidak terpaksa.

e. Faham akan bahasa yang digunakan saat ijab qobul.

f. Tidak dalam melaksanakan ibadah haji.

6.   Mahar

Mahar Pernikahan

Meskipun mahar terkesan mudah, namun ternyata mahar juga memiliki syarat dan ketentuan khusus. Inilah syarat dan ketentuan mahar yang harus Anda ketahui :

a. Mahar menjadi pemberian wajib dari suami kepada istrinya dan tidak bisa diganti dengan barang lainnya.

b. Mahar bisa diberikan sebelum, sesudah, atau saat akad berlangsung.

c. Mahar mejadi hak milik istri. Jika mahar dibayarkan tidak secara tunai, maka harus segera dilunaskan setelah hubungan suami istri.

d. Mahar juga bisa dinikmati suami dan istri, dengan syarat istri memberikannya dengan rela.

e. Mahar tidak ada batasan nilai, namun Islam memberi kadarnya sesuai dengan adat dari masyarakat. Yang penting tetap berbentuk serta bermanfaat.

Itulah ulasan mengenai rukun nikah yang patut Anda pelajari. Semua pelajaran di atas bisa Anda terapkan saat akan melakukan pernikahan, namun selalu hati-hati agar selaras dengan isyarat Islam. Semoga informasi mengenai rukun nikah di atas bermanfaat untuk wawasan dan pengetahuan Anda.

Pastikan untuk mempersiapkan pernikahan Anda dengan detail dan paripurna. Platform maharpernikahan.co.id siap melayani kebutuhan pernikahan, seperti souvenir, undangan, serta jasa hias mahar dan seserahan. Hubungi via WA atau telp. 031 5484342. Follow juga akun @maharnikah.katalog untuk info menarik lainnya.







Produk terbaru

Rp 1.700.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMahar 2D Pengantin Boneka Chubby
Harga Rp 1.700.000
Lihat Detail
Rp 1.700.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMahar 2D Kaligrafi Al Ikhlas
Harga Rp 1.700.000
Lihat Detail
Rp 3.000.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPaket Beli Hantaran Box Fiber Gold Tutup Akrilik
Harga Rp 3.000.000
Lihat Detail
Rp 500.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSewa Box Hantaran Fiber Ukir Gold Bentuk Masjid
Harga Rp 500.000
Lihat Detail
Rp 1.700.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMahar 2Dimensi Kitty Bride
Harga Rp 1.700.000
Lihat Detail
Rp 1.700.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMahar Pernikahan Silver Minang Bride
Harga Rp 1.700.000
Lihat Detail
Rp 1.700.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMahar Pernikahan Gold Minang Barbie
Harga Rp 1.700.000
Lihat Detail
Rp 1.500.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMahar Pernikahan Custom Vespa
Harga Rp 1.500.000
Lihat Detail